Feb 15, 2011

Saya, Internet & Gaya Hidup : Pengalaman Pertama Belanja Onlen

Saya adalah seorang karyawan pada sebuah perusahaan. Saya sekarang bertempat tinggal di Palangkaraya, meskipun sebenarnya saya asli dari Jawa Barat. Karena tugas dari perusahaan, jadi saya harus pindah ke Palangkaraya. Dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, saya selalu menggunakan laptop dalam setiap pekerjaan saya. Kehadiran laptop ini sangat membantu sekali dalam memudahkan pekerjaan saya. Usia laptop ini sudah hampir dua tahun dan tidak ada keluhan samasekali.



Sebagaimana kita tahu, disetiap minggunya pasti banyak sekali aplikasi baru di internet yang layak untuk dicoba. Bulan Januari 2011 kemarin saya mendownload aplikasi Corel X5 yang masih versi trial. Hanya untuk sekedar coba-coba dan merasakan perbedaan dengan versi sebelumnya. Setelah selasai diinstall, ternyata memang ada perbedaan yang mencolok. Bukan perbedaan pada aplikasi yang baru saya install dengan aplikasi versi sebelumnya, tapi pada laptop saya. Untuk membuka aplikasi tersebut saja dibutuhkan waktu lebih dari 5 menit. Mungkin sudah saatnya saya meng-upgrade RAM laptop saya. Tapi dimana saya harus membelinya? Akhirnya saya putuskan untuk mencari-cari di toko perlengkapan komputer di sekitar daerah tempat tinggal saya. Ternyata harga RAM 1GB dari semua toko yang saya kunjungi diluar perkiraan saya. Harganya mahal sekali. Mungkin karena di tempat saya (Palangkaraya) masih jarang toko yang menjual spare part komputer/laptop, jadi harganya jauh berbeda dengan di pulau Jawa. Google adalah tempat bertanya yang cocok untuk mengatasi kebutuhan saya saat itu. Dari beberapa toko online yang menawarkan, akhirnya saya tertuju pada website Bhinneka.com. Kenapa Bhinneka.com? Bukan karena saya mau “menjilat” supaya menang dalam kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Bhinneka.com J. Tapi karena saya sudah mendengar tentang catatan baik Bhinneka.com semenjak saya masih kuliah dari dosen saya. Waktu itu saya, hanya sekedar tahu saja bahwa bhinneka.com adalah e-store yang menjual produk IT. Hanya sebatas itu saja.

Di Bhinneka.com saya bisa memilih dan melihat RAM yang saya cari sesuai dengan kebutuhan laptop saya dan selisih harganya pun 50.000-100.000 dari toko yang menjual spare part yang sama persis di daerah saya (Palngkaraya). Saat itu, saya baru sadar kalau saya akan melakukan belanja online dan inilah kali pertama saya melakukannya. Selama beberapa tahun mengenal internet, baru kali ini saya akan melakukan belanja online. Ada rasa takut dan rasa khawatir untuk melakukan belanja online ini. Karena saya sebagai pihak pembeli hanya mengandalkan kepercayaan saja kepada produsen atau penjual. Setelah berfikir panjang lebar, menimbang baik buruknya, akhirnya saya putuskan untuk melakukan transaksi dan mengirim sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang tertera pada catalog produk. Ada yang menarik pada transaksi tersebut, saya tidak dikenakan biaya pengiriman. Lumayan untuk mengirit uang jajan. J

Tiga hari kemudian, paket itu telah diterima oleh saya dan itulah kali pertama saya mendapat kiriman dari hasil belanja online dan senang rasanya paket yang ditunggu-tunggu telah saya terima dengan selamat. Sayang, saya tidak bisa menampilkan screenshoot dari paket yang telah saya terima tersebut. Tapi yang paling penting, paket sudah saya terima dalam keadaan utuh. RAM sudah diterima,  masalah selanjutnya adalah memasang RAM tersebut pada laptop. Dari semenjak saya punya laptop, saya belum pernah samasekali membukanya dan lagi-lagi internet menjadi tempat untuk saya bertanya. Saya awali pencarian dari mesin pencari google kemudian google mengarahkan ke website-website yang mengandung unsur –unsur dari kata yang saya cari. Akhirnya ada juga artikel yang membahas tentang cara membuka laptop sesuai dengan tipe dan merk dari laptop saya. Tapi saya kurang begitu mengerti dengan arahan dari yang empunya website tersebut. Kemudian saya back ke halaman pencarian google lagi. Ada video tutorial dari YouTube tapi bukan membahas untuk tipe laptop saya. Mungkin saya bisa mencari video tutorialnya di YouTube, pikir saya waktu itu. Bingo!! Ternyata memang ada video tutorial yang mengajarkan tentang cara memasang RAM yang sesuai dengan tipe dan merk laptop saya. Saya perhatikan berkali-kali sampai saya mengerti dan mencatat poin-poin pentingnya. Berbekal tekad dan langkah-langkah yang telah saya catat dari video di YouTube, akhirnya dimulailah proses “pembedahan” laptop saya. Dimulai dari membuka baut sampai membuka penutup dari motherboard laptop. Saya kemudian mencari-cari slot yang mirip dengan yang ada pada tutorial. Ternyata sudah ada satu RAM yang terpasang dan di atasnya masih ada 1 slot yang kosong. Katanya harus sampai berbunyi “cklek” sebagai tanda bahwa RAM-nya sudah terpasang dengan benar. Selesailah sudah. Ternyata tidak terlalu sulit juga untuk memasang RAM dilaptop, hampir mirip dengan cara memasang RAM pada Desktop PC. Hanya posisi dari slot RAM nya saja yang agak berbeda. Sekarang tinggal di test. Nyalakan laptop dan jreng..jreng.. benar-benar terasa sekali perbedaannya. Sekarang saya bisa membuka aplikasi dengan cepat tanpa tersendat lagi. J

Seperti itulah pengalaman saya ketika melakukan belanja online, mencari referensi dan mencari tutorial lewat internet. Internet sangat membantu sekali terhadap kehidupan saya. Rasanya seperti mempunyai perpustakaan dengan buku yang sangat komplit. Internet seperti toko yang mejual berbagai macam produk dan kita bebas untuk memilih produk yang kita mau tanpa harus diikuti oleh si petugas toko tersebut (biasanya saya suka risih kalau belanja di toko, terus suka dikuntit dan diliatin ama petugas toko tersebut. Padahal kan saya tidak ada tampang maling. J). Bahkan hanya untuk sekedar membeli batik pun saya lebih suka melakukannya di internet (meskipun tidak jadi transaksi karena si penjualnya tidak membalas konfirmasi SMS saya J).  Mungkin sekarang internet sudah menjadi gaya hidup dari setiap orang. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya e-store yang menjual berbagai macam produk. Pemasangan iklan pun semakin marak pada website-website ber-traffic tinggi. Bahkan internet sudah menjadi ladang usaha bagi orang-orang tertentu. Dan tidak sedikit juga orang yang bisa meraih kesuksesannya lewat internet.
Mau tidak mau, suka tidak suka, internet telah menjadi bagian dan gaya hidup dari masyarakat modern saat ini. Tinggal tergantung kebijaksanaan kita dalam menggunakannya.





2 comments:

Lozz Akbar said...

sukses kontesnya brade....

hasbuloh said...

aminnn..makasi doanya mas Lozz..

Post a Comment

jangan kapok komen lagi.hehehe...