Feb 11, 2011

Let's Begin

Senyuman Para Pensiunan merupakan artikel kedua saya yang saya ikutkan dalam lomba. Lomba itu diselenggarakan oleh ECC UGM. Pada hari Jum’at tanggal 10 Februari 2011, artikel tersebut baru saya publish padahal saya sudah mengetahui tentang lomba ini lebih dari 2 minggu yang lalu. Malas. Ya hal itu yang selalu menghalangi dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan. Padahal ide sudah banyak bermunculan, tapi rasanya begitu berat hanya untuk menggoreskan pena pada kertas. Malas adalah keadaan dimana kita tidak adanya dorongan atau motivasi.  Saya pernah mendengar sebuah syair lagu yang dinyanyikan oleh group nasyid Raihan yang di dalam bait syairnya  berbunyi seperti ini “dimulakan dengan bismillah”. Mengapa harus dengan ucapan Bismillah?? Pernahkah kita mendengar analogi seperti ini “ bila kita menanan cabe maka yang kita petik adalah cabe”.  Apabila kita akan melakukan sesuatu pasti kita akan mendapatkan hasil dari apa yang kita kerjakan itu. Mau baik ataupun buruk. Pasti ada ganjarannya. Setuju? Lalu, mengapa harus dengan ucapan Bismillah apabila mau melakukan sesuatu? Jawabannya adalah ketika kita akan memulai sesuatu yang baik, maka harus dimulai dengan awal yang baik pula. Benar begitu? Silakkan dicoba sendiri. :P


Ternyata dalam melakukan sesuatu tidak hanya cukup dengan kata-kata saja, harus ada tindak lanjutnya. Menurut saya ini yang paling sulit dilakukan karena rasa mala situ. “MEMULAI”.  Memulai adalah pekerjaan yang menurut saya paling sulit dilakukan. Ketika kita melihatnya banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, apa yang akan kita lakukan?   Kita pasti berfikir mana yang harus dikerjakan pertama kali. Lalu membuat alur-alur dan skenario untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. Tapi kadang-kadang kita hanya sibuk berfikir tanpa melakukan pekerjaan  yang seharusnya sudah bisa dikerjakan. Memulai adalah gerbang. Jika kita tidak mau membuka gerbangnya maka gerbang tersebut akan tertutup terus. Jadi mulailah buka gerbangnya dan mulailah bekerja.

No comments:

Post a Comment

jangan kapok komen lagi.hehehe...