Jan 25, 2011

Speed Up Windows 7 Using ReadyBoost - Menambah RAM Menggunakan Flashdisk

Mungkin artikel ini udah basi. Coz banyak blog-blog di luar sana yang udah ngebahasnya. Ini khusus buat ane aja dah yang agak-agak katro masalah tekhnologi. Tapi kalo ada yang belum tau, silakkan simak dan jangan lupa kasi masukan ato komentar. Buat yang udah tau, silakkan dibaca juga (maksa.com) tapi jangan di "bata" yaa... Ok, tanpa basa-basi-busuk lagi kita simak artikelnya secara khidmat. :P
Apakah anda pengguna Windows 7 (seterah mau yang ori apa yang bajakan. :P)? Pengen nambah RAM tapi low budget? Tapi pasti pada punya Flashdisk kan?

Yup, pada OS Win 7 terdapat fitur yang dinamakan ReadyBoost. Fungsi dari ReadyBoost ini adalah untuk menggunakan Flashdisk yang berfungsi seolah-olah sebagai RAM (definis pribadi). Efek dari ReadyBoost itu sendiri tergantung dari RAM yang kita punya dan peningkatan performanya sekitar 6%. Apabila RAM yang kita punya memiliki kapasitas kecil, maka ReadyBoost ini akan sangat membantu dan kita dapat melihat peningkatan performa antara sebelum dan sesudah menggunakan fitur ini. Tapi kalau RAM yang kita gunakan besar, efek dari penggunaan ReadyBoost ini ga akan terasa. Cara menggunakan ReadyBoost pada Windows 7 adalah sbb :
1. Masukan FD
2. Kosongkan FD biar kapasitas yang digunakan lebih besar (pindahkan file-file yang ada di FD ke HardDisk)
3. Masuk ke Windows Explorer, klik kanan pada drive FD dan pilih "Properties".
4. Buka tab "ReadyBoost" -> pilih "Dedicate this device to ReadyBoost" -> Apply.


Screen shoot Cache


Kalau ga ada FD, SD card juga bisa digunakan. Bahkan kecepatan baca-tulis SD card lebih baik dibandingkan dengan FD.
Ini screen shoot perbandingannya :



Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

4 comments:

Qefy said...

Sangat bermanfaat sekali akh, cuma sayang saya belum bisa praktek akh. Nanti saya coba kalo udah ada. Akh, kabarmu gmn disana?

hasbuloh said...

@ kang qefy : belum ada apanya nih??hehehe...
alhamdulillah sehat..kumaha samulihna?damang?

Hafsah Audina's Blog said...

artikel yg menarik (meskipun ga ngerti) hehe..semangat nulis blognya ya bebi...

auraman said...

sayang dulu beli FD 4Gb(waktu gak da uang) tapi tak support dengan vista VAIJO saya akhirnya karena lolos BUMN(jadi kebanyakan uang) beli RAM dah wakakaka..

Post a Comment

jangan kapok komen lagi.hehehe...